Mengenal Manfaat Spa Pedicure, Rahasia Merawat Kesehatan Kaki

May 10, 2024

Salah satu cara untuk merawat kesehatan kakimu dengan benar adalah melakukan spa pedicure di tempat yang tepat. Bagi beberapa orang, melakukan perawatan ini mungkin masih terdengar kurang lazim, karena area tanganlah yang lebih sering mendapatkan perawatan.

Padahal jika rutin melakukan pedicure, ada berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan, lho! Nah, kalau kamu penasaran dengan pengertian, manfaat, jenis, hingga rekomendasi salon pedicure terbaik, simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Pedicure Spa

Pedicure adalah adalah salah satu perawatan estetika yang khusus untuk area kaki dan kuku-kukunya.  

Beberapa tahapan dalam proses ini adalah membersihkan area kaki dan kuku, merendamnya dengan air hangat, eksfoliasi, hidrasi dan pijat, serta memberikan serum kuku atau mengoleskan cat kuku.

Di salon khusus pedicure, kakimu akan mendapatkan perawatan tersebut dari ahlinya. Ketika sudah selesai kamu akan merasakan perubahan besar di area kaki, seperti terlihat lebih bersih, halus, dan rileks. Jadi, berkunjung ke salon pedicure, kamu juga dapat sekaligus melepaskan penat karena ada sesi pijat di kaki.

Saat ini persebaran salon perawatan kaki pun sudah lumayan banyak ditemukan dan biasanya sekaligus menyediakan perawatan kuku tangan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perawatan keduanya sekaligus di satu tempat.

Manfaat Pedicure Spa

Proses pedicure spa di outlet ruhee

Meskipun kerap dianggap sebagai salah satu treatment kecantikan, nyatanya  perawatan ini juga menyediakan sangat banyak manfaat di berbagai aspek. Nah, sejumlah manfaat yang akan kamu dapatkan ketika melakukan pedicure adalah:

1. Meningkatkan Penampilan

Hal pertama yang langsung terlihat adalah penampilan area kakimu yang lebih bersih dan rapi. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih percaya diri dan nyaman ketika harus memakai alas kaki dengan ujung terbuka atau saat melepasnya di area umum.

2. Meningkatkan Kesehatan Kuku dan Kaki

berbagai tahapan dalam pedicure ini dapat meningkatkan kesehatan kuku-kuku kakimu. Sebab, stimulasi aliran ke darah ke bagian kuku menjadi lebih lancar. Dengan begitu, berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kuku dapat dibawa dengan mudah.

Selain itu, kelenjar getah bening yang berada di kaki juga akan terangsang untuk menjalankan tugasnya dengan lebih bagus. Perlu kamu tahu, tugas kelenjar getah bening ini adalah sebagai penolong proses dan pembersihan racun yang bersumber dari cairan limfatik ke dalam darahmu.

3. Mengatasi Kulit Kering

Proses eksfoliasi dalam pedicure dapat membuat berbagai kulit kering dan sel kulit mati terkikis, khususnya di dekat jempol kaki dan tumit. Alhasil setelah perawatan, area kulit yang kering dan mengelupas akan menghilang dan digantikan oleh kulit yang lebih halus dan lembut.

4. Memberikan Efek Relaksasi

Pijatan di area tungkai dan kakimu yang dilakukan oleh terapis dan membuatmu merasa lebih rileks selama perawatan. Hal ini akhirnya menjadi solusi efektif agar kamu dapat melepas ketegangan, mengurangi stres, dan bersantai selama sesi perawatan.

Efek relaksasi yang bertahan selama beberapa waktu ini tentu dapat membuat mood dan energi untuk beraktivitas menjadi lebih bagus.

5. Mencegah Infeksi

Infeksi di area kaki dapat berkurang besar ketika kamu melakukan pedicure, sebab kulit kaki yang kering telah disingkirkan.

Tahapan pemotongan kuku, pembersihan, serta pemijatan juga mencegah terbentuknya kulit kering di kemudian hari. Kulit kering inilah yang bisa menjadi area terjadinya infeksi.

6. Mencegah Kapalan

Seringnya kaki menggunakan alas kaki dapat meningkatkan risiko kapalan luka akibat terjadinya gesekan. Namun ketika rutin melakukan pedicure, maka kapalan dapat kamu cegah karena bekas kapalan ini akan dihilangkan dengan meningkatkan kelembapan di area kakimu.

Jenis-Jenis Pedicure

Ternyata ada banyak sekali jenis-jenis pedicure yang tersebar di dunia, karena bisa mencapai belasan. Namun beberapa jenis pedicure yang umum ditemui adalah:

1. Basic

Merupakan perawatan paling mendasar dan cocok bagi kamu yang masih baru atau belum pernah melakukan treatment ini.  

Dalam jenis ini, terapis akan merendam kakimu di air hangat agar kutikula tenang dan sel kulit mati lebih lembut. Setelah itu, tahapannya dilanjutkan dengan membersihkan kuku, mengikir, serta memijatnya.  Pemberian pelembap dan pijatan juga termasuk ke dalam perawatan basic.

2. Spa

Tahapan perawatan spa berlangsung lebih lama daripada basic, di mana tahapannya sebenarnya masih sama. Perbedaannya adalah adanya layanan tambahan, seperti pengelupasan glikolat dan perawatan lilin parafin.

Setiap salon memiliki layanan tambahan berbeda, namun tujuannya tetap menjadikan kulit kakimu lebih bersih dan halus.

3. Perancis

Merupakan tipe perawatan klasik yang masih digemari hingga sekarang. Tahapannya sama dengan kedua tipe sebelumnya, hanya saja pembedanya adalah hasil pada pewarnaan kuku kakimu.

Ciri khasnya adalah pemberian cat kuku bening atau pink pucat di semua area kuku kakimu. Setelah itu, di bagian ujungnya akan diberi cat kuku berwarna putih.

Tujuan dari jenis ini adalah memberikan tampilan kuku yang lebih sehat dan natural.

4. Margarita

Tipe ini bertujuan untuk menjadikan area kakimu halus dan lembut, khususnya di area tumit. Untuk memperoleh hasil tersebut, terapis akan merendam kakimu di air kapur dan garam laut supaya sel kulit mati mengelupas.

Ciri khasnya adalah pengolesan jeruk nipis ke area kaki sebelum pemasangan cat kuku.

5. Amerika

Gaya Amerika ini mirip dengan Perancis. Pembedanya adalah gaya cat putih yang ada di ujung kuku. Di mana penggunaan warna putih lebih banyak dan dibentuk agak membulat.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan relaksasi dengan penempatan batu hangat di area kaki.

Pedicure Spa Bersama Ruhee

Tempat pedicure spa salah satu cabang Ruhee

Jika tertarik melakukan pedicure, maka pastikan kamu mempercayakannya kepada Ruhee. Dengan prinsip untuk menciptakan perawatan dengan kenyamanan di rumah, kamu akan merasakan relaksasi ekstra selama melakukan pedicure.

Jika tidak ingin ribet, kamu bahkan dapat menerima layanan home service, di mana terapis kamilah yang akan berkunjung ke rumahmu. Jika tertarik, hubungi Tim Ruhee melalui WhatsApp untuk konsultasi dulu, ya!

Nah, setelah tahu berbagai informasi tentang spa pedicure, maka tidak ada lagi alasan menunda perawatan di area kakimu. Yuk, rawat kesehatan kakimu bersama Ruhee!

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp